Jumat, 14 Desember 2012

Kenapa Ekonomi?


"Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya". Ujar Alfred Marshall dalam bukunya Principle of Economics, seorang ekonom besar di abad ke 19-an.

Meskipun kita telah mengetahui banyak hal mengenai perekonomian semenjak masa hidup Marshall, definisi mengenai ilmu ekonomi tersebut masih tetap benar pada hari ini semenjak tahun 1890 ketika buku pengantar ekonomi mikro oleh N. Gregory Mankiw diterbitkan.
 Ada beberapa alasan kenapa kita sebagai pelajar, mahasiswa maupun kalangan awam mempelajari ilmu ekonomi.
Pertama: Karena ilmu ekonomi akan membantu anda memahami dunia tempat anda tinggal. Ada banyak pertanyaan mengenai perekonomian yang mungkin akan menarik perhatian anda. Mengapa sulit sekali mencari apartemen di new York? Mengapa perusahaan penerbangan mejual tiket pulang pergi lebih murah dari hanya pembelian tiket pulang saja atau tiket keberangkatan saja? Mengapa pemain utama dalam film “5 Cm” diberikan asuransi dengan nilai yang sangat besar saat shooting pendakian semeru? Mengapa standart hidup begitu rendah di negara-negara Afrika? Mengapa banyak warga negara Indonesia yang lebih memilih bekerja di luar negeri dari pada bekerja di negeri sendiri?. Itu semua hanyalah beberapa pertanyaan yang akan terjawab seiring anda mempelajari ilmu ekonomi.
Kedua: karena ilmu ini akan menjadikan anda peserta yang cerdas dalam perekonomian. Dalam kehidupan sehari-hari, anda membuat banyak keputusan ekonomi. Ketika menjadi mahasiswa, anda akan menentukan lamanya perkuliahan yang akan anda tempuh. Makanan bergizi dan seberapa pentingnya kandungan sekaligus harga bahan makanan yang dapat dijangkau. Ketika bekerja, anda akan memutuskan berapa besar penghasilan anda yang akan anada belanjakan.  Berapa besar jumlah yang akan anda tabung dan bagaimana menginvestasikan tabungan anda. Suatu hari anda akan menjalankan bisnis kecil-kecilan atau suatu perusahaan besar, dan memutuskan berapa harga produk kita. Pemahaman-pemahaman yang dikembangkan dalam ilmu ekonomi akan memberikan suatu cara pandang baru mengenai bagaimana mengambil keputusan dengan sebaik-baiknya. Mempelajari ilmu ekonomi tidak dengan sendirinya akan memperkaya hidup anda, melainkan akan melengkapi anda dengan berbagai perangkat yang dapat membantu upaya tersebut.
Ketiga: karena ilmu ekonomi akan memberikan anda pemahaman yang lebih baik mengenai potensi dan kemampuan kebijakan ekonomi. Sebagai pemilih, anda membantu memilih kebijakan-kebijakan yang memandu alokasi sumber-sumber daya di masyarakat. Ketika memilih kebijakan mana yang anda dukung, anda mungkin mendapati diri anda bertanya-tanya banyak hal mengenai perekonomian. Apa beban yang berkaitan dengan berbagai bentuk pajak? Apa dampak perdagangan bebas dengan negara-negara lain? Apa cara terbaik untuk melindungi lingkungan? Bagaimana suatu anggaran belanja pemerintah yang mengalami defisit mempengaruhi perekonomian? Hal-hal adi dan yang serupa akan selalu ada dalam pikiran para pembuat kebijakan d gedung-gedung pemerintahan.
Oleh sebab itu, prinsip-prinsip ilmu ekonomi dapat diterapkan dalam berbagai situasi kehidupan. Terlepas dari apakah di masa depan nanti anada akan menghabiskan diri membaca surat kabar, menjalankan suatu bisnis perusahaah, atau duduk di kursi pemerintahan. Anda akan merasa beruntung karena telah mempelajari ilmu ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar